Monday, 22 of December of 2014

Membedah Usaha Pempek – Mudah Membuatnya Gurih Untungnya

Membedah Usaha Pempek – Mudah Membuatnya Gurih Untungnya
Info Kuliner – edisi 08 – tahun II – Des 2008

Pernah makan Pempek dengan isi Sosis atau Bakso? Hmm… seperti apa rasanya? Bikin penasaran kan? Inovasi inilah yang dilakukan Verina, pemilik Pempek Delima, di Jl Duri Raya 12, Jakarta Barat. Dengan produk yang inovatif, dan promosi lewat forum-forum di Internet yang menyertakan foto-foto produk yang cantik, Verina mampu menarik perhatian konsumen. Alhasil usahanya yang baru berjalan enam bulan direspon pasar cukup baik.

Verina yang asli Palembang dan belum genap satu tahun hijrah ke Jakarta mengatakan ide awal membuat Pempek isi sosis hanya coba-coba karena melihat sepertinya untuk Pempek belum banyak orang yang melakukan inovasi, dan dari dulu hanya itu-itu saja. “Biar tidak bosan kita coba-coba saja, awalnya hanya untuk keluarga, ternyata pada suka dan usul untuk coba dijual,” ungkap Verina.

Verina pun mulai membuka usaha rumahan dan melakukan promosi lewat internet. “Promosi lewat internet itu bagus, karena banyak juga orang yang datang atau pesan yang taunya dari internet.” ujar Verina. Lewat dunia maya, Verina akhirnya menjalin kerjasama dengan penyedia jasa dellivery order, jadi tanpa harus punya armada dellivery, Verina bisa melayani dellivery order, “Tidak ada minimum order, tapi ongkos kirimannya ditanggung pemesan, jadi buat saya tidak susah perhitungannya,” ungkapnya. Ongkos kirim yang dikenakan biasanya Rp. 20 ribu untuk seluruh wilayah DKI, dan untuk wilayah Tanggerang, Bekasi hingga Bogor, ongkos kirim tergantung negosiasi.

Untuk produknya sendiri mengaku masih mendatangkan bahan baku Pempek langsung dari Palembang. Sementara untuk sosis dan bakso, verina menggunakan produk jadi merek Bernardi. Meski penambahan isi, dan bahan baku Pempek yang harus didatangkan dari Palembang berarti food cost-nya semakin tinggi, Pempek Lenjeran isis sosis masih dijual Rp. 9 ribu. “Kebetulan saya ada saudara yang rutin bolak-balik Palembang -Jakarta. jadi ongkos kirim tak terlalu membebani, tapi kalaupun dihitung, daya masih bisa kok dapat untung, asal belanjanya banyak sekalian ” tutur Verina. Kini Verina juga menambahkan fasilitas hot spot di lokasi usahanya. ALL